Nasehat Bisnis dari CEO Terkenal Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

CEO Bluemercury, Marla Beck, dan beberapa pendiri perusahaan terkenal lainnya membagikan beberapa tips sebelum Anda benar-benar akan memulai sebuah bisnis atau menjadi pengusaha. Diantaranya, yaitu:

  1. Menyadari Bahwa Berbisnis itu Seperti ‘Maraton’

Marla Beck, CEO Bluemercury yang saat ini memperoleh pendapatan sekitar $210 miliar, mengatakan bahwa hampir selama satu tahun setengah bisnisnya tidak mengalami perkembangan, bahkan masukan. Ia sendiri menyadari bahwa banyak pebisnis yang memutuskan berhenti hanya dalam beberapa tahun saja setelah memulai. Terkadang, apa yang kita rencanakan memang tidak sejalan dengan kehidupan. Yang harus kita lakukan adalah fokus untuk membangun perusahaan yang hebat dalam angka panjang. Remember, an entrepreneurship is a marathon not sprint.

  1. Pastikan Bahwa Produk Anda Memang Dibutuhkan Masyarakat

Menurut Matt Mead, CEO dari Mead Technology Group, EpekData, dan BrandLynch, memulai usaha berarti kita akan lebih banyak belajar, berbuah keuntungan namun tidak jaminan. Matt juga mengatakan bahwa seiring berjalannya usaha kita di awal, semuanya menjadi intens, kita akan kehabisan uang, juga kemungkinan ingin berhenti. Penjualan tidak bisa menyelesaikan semua masalah, namun kita tidak bisa menyelesaikan masalah tanpa penjualan.

Perusahaan yang bisa berfokus untuk mendapatkan untung secara konsisten (tidak hanya besar) akan mampu membendung peristiwa tidak terduga seperti halnya kemerosotan ekonomi. Hal inilah yang menjadikan pentingnya riset pasar sebelum memulai bisnis untuk melihat permintaan produk atau layanan yang dibutuhkan. Oleh karenanya, hal pertama yang harus dipelajari adalah bagaimana cara menjual.

  1. Tahu Bahwa Anda Tidak Akan Melakukannya dengan Benar Pertama Kali

Joshua Harris, pendiri Agency Growth Secret, mengatakan agar kita tidak terus dalam mode mengumpulkan informasi bagaimana cara memulai bisnis, kita harus segera memulainya. Dari sana kita akan belajar dengan cara terjun langsung, menganalisis hasil, dan melakukan perubahan jika perlu. Untuk pertama, kedua, bahkan ketiga, kita mungkin tidak dapat memperbaikinya namu jika kita gesit, kita akan cepat berputar. Satu-satunya kegagalan adalah saat kita menyerah.

  1. Sabar dan Pastikan Bahwa Anda Memiliki Dana yang Cukup

Guy Sheetrit, CEO dari Over The Top SEO, memberikan nasihat bahwa siapapun yang ingin memulai bisnis baru, hendaknya memahami timeline dan dana yang dibutuhkan. Hampir setengah usaha kecil yang gulung tikar disebabkan masalah dana yang tidak memadai. Kegagalan selalu memungkinkan, namun jika memiliki cukup cadangan dana, mungkin hal ini dapat mengurangi kemungkinan kegagalan sampai kita tah berapa besarnya laba yang bisa dihasilkan oleh bisnis kita.

  1. Lupakan tentang Apa yang Ingin Anda Jual

David Newman, seorang penulis dan juga kreator, menjelaskan bahwa kita harus bisa menilai apa yang ingin dicapai atau masalah apa yang ingin diselesaikan oleh klien kita. Dari sini kita akan mengenal pelanggan dengan baik dan lebih menguntungkan bisnis kita.

  1. Bersiaplah untuk Berputar

Peter Hernandez, pendiri dan presiden dari Teles Properties, berpesan agar kita selalu siap dengan adanya perputaran karena adanya perubahan pasar dan kebutuhan. Oleh karenanya kita harus bisa mengenal pelanggan kita dengan baik dan mendengarkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan. Penting juga untuk memilih rekan bisnis kita untuk menghadapi masalah tersebut. Kita membutuhkan orang-orang dengan kepribadian yang tepat dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.

  1. Dengarkan Kostumer Anda

Ashley Alderson, seorang founder dan CEO The Boutique Hub, berdasarkan pengalaman membangun usahanya yaitu bagaimana saat Ia benar-benar belajar mengidentifikasi MVP, implementasi, dan mendapatkan feedback yang cepat dari pelanggan. Kemudian, Ashley menyadari bahwa yang paling penting adalah feedback dari pelanggannya. Pada awalnya, Ashley hanya membuat produk sesuai keinginannya namun hal ini malah membunuh usahanya sendiri dan tidak laku di pasaran. Akhirnya, Ashley belajar dari masukan pelanggannya mengenai apa yang benar-benar sedang dibutuhkan oleh khalayak. Jadi, yang harus dilakukan adalah memenuhi permintaan pasar (pelanggan) bukan selalu terpaku pada rencana bisnis.

  1. Anda Harus Mampu Memecahkan Masalah

Simon Grabowski, Founder dan CEO ClickMeeting, mengatakan agar kita selalu bertanya pada diri sendiri mengenai apa yang dibutuhkan, permasalahan pada produk, atau pelayanan. Jika tidak ada permintaan atau ketertarikan yang datang dari pasar, maka kita harus berpikir ulang untuk semuanya.

Untuk benar-benar menjadi seorang pengusaha yang sukses, butuh waktu yang tidak singkat dan harus telaten. Kita tidak bisa hanya mencoba di awal, kemudian datang sebuah masalah dan mundur begitu saja. Karena kegagalan sebenarnya adalah pada saat kita menyerah, tidak punya keinginan untuk membangkitkan usaha kita lagi.

Share.

About Author

Leave A Reply