Tips Bisnis – For Young Learners (Bagian #2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Melajutkan artikel sebelumnya, beberapa tips lainnya seperti:

  1. Membangun Kerjasama Tim yang Baik
    Membangun bisnis tidak bisa dilakukam seorang diri. Kita membutuhkan orang lain dan membentuk sebuah tim perencanaan. Bentuk dan bangunlah kersama tim yang baik untuk mencapai kesuksesanmu.
  2. Mengenali karakter orang
    Ketika membentuk tim, kita perlu mengetahui karakter orang-orang yang ada di tim kita. Hal ini bertujuan mengetahui skill masing-masing dan menempatkan mereka sesuai dengan skill mereka.
  3. Rencanakan untuk Mengumpulkan Modal
    Menurut Richard Harroch, mengumpulkan akan membutuhkan waktu yang lama dan mungkin sulit. Jadi, hal ini harus direncanakan dengan baik.
  4. Know Your Goals
    Ryan Allis, co-founder dari iContact, menekankan agar kita harus memiliki tujuan yang jelas ketika membangun sebuah bisnis. Dengan begitu kita bisa terus melangkah ke depan sesuai tujuan awal yang telah direncanakan.
  5. Belajar dari Kegagalan
    Banyak pengusaha yang mengartikan kegagalan sebagai guru terbaik. Dengan belajar dari kegagalan, kita lebih dekat dengan kesuksesan.
  6. Mengenal Kostumer
    Pendiri Wendy’s, Dave Thomas, memberitahukan salah satu dari tiga kunci suksesnya yaitu mengenali karakter kostumer. Hal ini akan membantu kita dalam memberikan solusi atas kebutuhan kostumer kita.
  7. Meminta Masukan dari Kostumer
    Hanya memperkirakan apa yang sedang dibutuhkan kostumer tidak akan membuat kita sukses dalam berbisnis. Untuk memastikannya, kita harus bertanya langsung apa yang mereka inginkan atau butuhkan.
  8. Belajar dari Komplain Kostumer
    Bill Gates pernah mengatakan bahwa kaomplain yang serius dari kostumer akan memberi kita pelajaran berharga yaitu kita bisa melihat kekurangan dari servis yang kita berikan.
  9. Menggunakan Uang dengan Bijaksana
    Menggunakan dan merencanakan uang dengan bijaksana ketika membangun bisnis akan mengindari pengeluaran uang yang berlebihan atau membuangnya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan.
  10. Memahami Industri yang Digeluti
    Tony Hsieh, pendiri Zappos, mengatakan agar kita tidak memainkan game yang tidak kita pahami, kita akan kalah telak. Jangan mudah tergiur ketika melihat banyak orang yang mendapatkan profit dari bisnis tertentu jika kita tidak memahaminya. Sebaiknya kita menggali lebih dalam mengenai bisnis yang akan kita bangun.
  11. Memberikan Kepuasan yang Melebihi Ekspektasi Kostumer
    Larry Page, pendiri Google, mengatakan bahwa kita sebisa mungkin agar dapat memberikan kepuasan lebih pada kostumer. Hal ini tidak hanya memenuhi kepuasan namun menggiring kesetiaan kostumer terhadap kelangsungan bisnis kita.

Menjadi pengusaha yang sukses membutuhkan waktu yang tidak singkat. Berusaha mengembangkan dan terus belajar adalah hal yang bisa dilakukan. 21 tips di atas mungkin bisa membantu atau menambah ilmu untuk calon pengusaha sukses berikutnya.

Share.

About Author

Leave A Reply